TIPS SALES INDONESIA

TIPS SALES INDONESIA

Meraih kesuksesan dengan memulai menjadi sales

Meraih Kesuksesan dengan menjadi sales


Tipssales - Menjadi sukses adalah impian semua orang, arti kata dari sukses memiliki cakupan luas dan pemahaman tersendiri bagi setiap orang, tetapi kebanyakan orang mendefinisikan arti kata sukses dengan hal yang menyangkut materi, seperti memiliki pendapatan yang besar, jabatan yang tinggi, fasilitas mewah ,kendaraan dan properti, dan masih banyak hal lainnya yang dapat di deskripsikan sebagai kata arti sukses.

Sukses tidak bisa didapat dengan cara yang instan atau mudah, banyak orang yang mencari informasi seputar cara atau tips untuk menjadi sukses, akan tetapi banyak orang pula yang belum bisa mengartikan arti kata atau ukuran sukses untuk diri mereka sendiri itu.

Dalam kesempatan ini, Tipssales akan membahas salah satu cara untuk meraih kesuksesan dengan menjadi seorang sales atau tenaga penjualan. Kenapa menjadi seorang sales ? Karena dengan menjadi seorang sales adalah salah satu dari berbagai banyak cara saja untuk mendapat kesuksesan, dan faktor penentu keberhasilan nya sendiri ditentukan oleh tekad dan kemauan anda sendiri dalam mendalaminya.

SALES ADALAH UJUNG TOMBAK

Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun, tidak akan mampu bertahan apalagi berkembang, jika perusahaan tersebut tidak bisa memberikan value ( nilai ), baik bagi konsumen perusahaan atau untuk perusahaan itu sendiri. Nilai yang paling utama dari sebuah perusahaan adalah mereka memiliki eksistensi dari produk atau brand yang mereka jual kepada konsumen. Keberlangsungan ini ditentukan oleh seberapa besar tenaga penjualan ataupun tenaga marketing mereka dapat memasarkan produk ( SUPPLY ) kepada konsumen dengan meyakinkan konsumen bahwa produk yang mereka jual itu sangat berguna dan menjadi sebuah kebutuhan bagi mereka, sehingga akan terjadi yang namanya permintaan pasar ( DEMAND ). Siklus inilah yang dimanfaatkan sebuah perusahaan untuk keberlangsungan dan kemajuan perusahaan tersebut. Tak lain faktor keberhasilannya diukur dari seberapa efektif nilai penjualan yang mereka dapatkan melalui tenaga penjualan/pemasaran/marketing nya. Maka bisa disimpulkan bahwa Sales memiliki peranan penting dalam keberlangsungan sebuah perusahaan, dan bisa dikatakan SALES ADALAH UJUNG TOMBAK

TIDAK SEMUA ORANG MAMPU MENJADI SALES

Tidak semuanya mampu, bahkan kebanyakan orang enggan menjadi atau berprofesi sebagai seorang sales. Hal ini disebabkan karena pandangan sebagian orang melihat profesi sales sebagai profesi yang "rendahan" atau kelas bawah. Profesi yang harus pintar merayu, membujuk seseorang untuk membeli produk yang mereka tawarkan, dan dilakukan dengan cara Door to Door dari pintu ke pintu, bekerja diluar ruangan, menyusuri jalan jalan atau masuk perumahan dan perkampungan, terkena debu dan panas nya terik matahari siang dengan membawa peralatan ataupun produk yang akan mereka jual. Padahal sebenarnya profesi seperti itu tak mengapa, selama bisa memiliki kegiatan sehari hari yang positif serta mendapatkan rezeki yang halal, ketimbang anda harus menjadi seorang pengangguran atau kriminal yang menghalalkan segala cara untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Sekali lagi, hal tersebut dikarenakan pandangan, atau pola pikir masyarakat kita yang memandang profesi sales sebagai profesi jalanan yang dapat menurunkan derajat dan harga diri seseorang.

Berdasarkan paradigma ini, maka tidak semua orang mampu menjadi seorang sales, bahkan bagi yang hanya sekedar mencoba coba dahulu,  selama pemikiran seseorang tersebut memandang sales sebagai profesi rendahan, maka bidang pekerjaan ini akan sangat sulit untuk dikuasai olehnya, maka kesuksesan di bidang inipun rasanya hanya akan menjadi mimpi di siang bolong belaka.

MENJADI SEORANG SALES ADALAH PILIHAN HIDUP


Bukan berarti ketimbang kita hidup menganggur tanpa pekerjaan, atau daripada menjadi seorang kriminal, lantas menjadi sales adalah pilihan terakhir anda, ketika anda sudah mencoba semua usaha untuk melamar di sebuah perusahaan pada posisi atau jabatan yang strategis, tetapi anda di tolak, lalu pekerjaan yang tersedia hanya ada di posisi sales, lalu anda menerimanya dengan dalih

"Mencari pengalaman "
"Coba saja dahulu kalau ga cocok ya tinggal resign"
" Iseng iseng aja pengen tau gimana rasanya jadi sales"

Bukan seperti itu sobat, menjadi sales adalah pilihan hidup. Anda dapat meraih kesuksesan dengan menjadi seorang atau berprofesi sebagai sales, apabila anda sudah mantap dan yakin dengan profesi yang akan di geluti sebagai seorang tenaga penjual sales, berarti anda telah memulai langkah pertama anda sebagai pribadi yang sukses dalam bidang penjualan. Alasannya adalah optimisme sangat diperlukan dalam pribadi setiap seorang sales, pekerjaan sales bukan pekerjaan yang tanpa hambatan, akan banyak sekali rintangan yang dihadapi, maka diperlukan energi positif yang dapat terus membuat kita survive dalam dunia sales, yaitu OPTIMIS. Apabila anda sudah pesimis terhadap profesi anda, andapun akan pesimis pula terhadap keyakinan anda bisa sukses dengan menjadi seorang sales.

MENJADI SALES MEMERLUKAN KEAHLIAN

Keahlian wajib dimiliki bagi setiap diri seorang sales, anda akan di cap sebagai sales yang handal oleh perusahaan dan customer anda, apabila anda sudah dianggap "AHLI" dalam suatu bidang, atau ahli dalam memasarkan serta mempresentasikan produk anda.

Akan tetapi keahlian mana yang harus dimiliki ?

Bagi anda yang baru terjun di dalam dunia sales penjualan atau anda yang sudah lama berprofesi sebagai sales, keahlian yang wajib dimiliki pertama kali dan harus selalu dimiliki oleh setiap pribadi adalah keahlian atau kemauan untuk "TERUS BELAJAR". Ingatlah akan pepatah, "Kejarlah ilmu sampai ke Negeri Cina", atau "Diatas langit masih ada langit". Jangan sampai anda terjebak dalam zona nyaman yang membuat anda berhenti dari kemauan untuk terus belajar meningkatkan keahlian penjualan, karena persaingan di dunia penjualan sangat ketat, hanya orang orang yang mau terus belajar dan berusaha, serta beradaptasi dengan setiap perubahan dan persaingan yang ada, mampu dapat terus bertahan di dalam dunia penjualan.

KAPAN SAYA SUKSES DENGAN MENJADI SEORANG SALES

Ukuran sukses dari setiap orang itu bersifat Relatif, ada yang menganggap bahwa setiap ilmu baru yang dikuasai, itu merupakan sebuah tanda kesuksesan. Ada yang menganggap pencapaian prestasi, peningkatan jabatan, taraf hidup, dan yang lain merupakan ciri anda telah sukses. Itu adalah hak anda untuk menentukan ukuran sukses dari kehidupan anda, yang ingin saya gambarkan di dalam artikel ini adalah, dengan menjadi seorang sales pun, anda dapat mewujudkan ukuran ukuran dari kata sukses yang anda terapkan. Jangan anda kira, hanya dengan menjadi seorang sales pun anda dapat mewujudkan keinginan keinginan anda yang bersifat materi, seperti penghasilan yang besar, rumah yang ideal, dan kendaraan yang dapat meninggikan gengsi dan status sosial anda, kecuali anda ingin hidup mewah, saya sarankan jadilah pengusaha, namun menjadi sales yang handal, adalah cikal bakal anda untuk dapat menjadi pengusaha yang sukses. Anda bisa melihat contoh cerita otobiografi dari pengusaha pengusaha sukses di Indonesia dan dunia, kebanyakan profesi mereka berawal dari yang namanya sales.

Maka mulai hari ini, mari kita ubah pandangan kita akan pekerjaan sebagai sales, dan apabila anda telah terjun sebagai sales, semoga kita semua dapat neraih kesuksesan dengan menjadi seorang sales.


Terima Kasih



Salam Sales