TIPS SALES INDONESIA

TIPS SALES INDONESIA

13 Tips dalam hal penjualan versi Joe Girard



Joe Girard mencatatkan namanya dalam Guinness Book of World Records sebagai salesman penjual mobil nomor satu terbaik didunia. Pria yang memiliki nama lengkap Joseph Samuel Gerard Lahir 1 Nopember 1927 di sisi timur Detroit, Michigan. Joe Girard adalah seorang wiraniaga sebuah perusahaan dealer mobil Merollis Chevrolet di Eastpointe, Michigan. Dan selama masa karirnya kurang lebih 15 tahun, Joe telah berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 13.001 unit dalam periode masa ia bekerja dari tahun 1963 sampai 1978. Dan Guinness Book of World Records memberi penghargaan kepada Joe Girard sebagai “The World Greatest Salesman” dengan pencapaiannya menjual mobil secara retail atau eceran sebanyak 1.425 unit dalam 1 tahun, atau kurang lebih sekitar 3-4 unit mobil per hari. Per hari loh..bukan per bulan .Sungguh Luar biasa bukan pencapaian Joe Girard.

Apa sebenarnya kunci sukses dari seorang Joe Girard yang notabene nya adalah seorang pribadi yang memiliki masa masa sulit dalam kehidupannya ? Bahkan Joe kecil dianggap oleh ayahnya adalah seorang yang tidak bias menghasilkan apa apa dan tidak akan memiliki masa depan. Kenyataannya Joe Girard telah menjadi seorang salesman mobil tersukses yang pernah ada, dan rekornya sangat sulit sekali dipecahkan hingga sampai saat ini.

Kunci sukses dari keberhasilan penjualan Joe Girard dalam menjual mobil adalah bagaimana ia membangun sebuah relasi hubungan dengan para pelanggannya. Ia “merawat” pelanggan nya dengan baik sehingga sebuah hubungan relasi yang dibangun berdasarkan hubungan baik, akan membuat efek domino dimana pelanggannya tersebut akan mereferensikan si penjual kepada orang orang terdekatnya.


Apa yang dilakukann Joe Girard dalam merawat pelanggannya, pada masanya merupakan sesuatu hal yang memerlukan ketekunan dan konsistensi. Ia selalu rutin mengirimkan kartu pos kepada semua klien pelanggan dan calon prospek dengan cara “Manual”. Tidak seperti kita yang hidup pada jaman teknologi yang dimudahkan dengan berbagai kemudahan teknologi untuk dapat terhubung ke pelanggan. Joe Girard selalu mengirimkan kartu pos yang berisi ucapan selamat ulang tahun, ataupun sekedar memberi ucapan hari raya atau yang lainnya. Ia melakukan hal tersebut dengan tujuan agar ia selalu mendapat tempat di hati dan pikiran para pelanggan nya, dan menjadi orang pertama yang akan dicari ketika pelanggan nya ingin membeli mobil atau mereferensikan dirinya. Semua hal itu dilakukannya secara konsisten dan manual yang dalam artian ia mengirimi sebuah kartu pos untuk pelanggan sesuai dengan data informasi pelanggan itu sendiri masing masing. Hal yang sangat membutuhkan ketekunan sekali bukan, mengingat di jaman tersebut masih minim sekali peralatan teknologi, ia senantiasa mengecek data informasi pelanggan di buku catatanya, menulis surat sesuai data informasi pelanggan, lalu mengirimkan nya sendiri ke kantor pos atau kotak pos terdekat. dan kita yang hidup dijaman serba mudah ini seharusnya dapat melakukan hal yang lebih lagi dari apa yang dilakukan oleh Joe Girard. Anda dapat membaca bagaimana cara tips mengolah database pelanggan pada postingan Tipssales yang lain

Selain hal tersebut, Joe Girard juga memiliki aturan prinsip prinsip yang ia terapkan dalam dirinya dan aturan tersebut dapat kita terapkan juga dalam kehidupan kita. Berikut adalah 13 tips dalam hal menjual versi Joe Girard

1. MILIKI SIKAP POSITIF

berkumpul dengan orang positif, jauhi orang cengeng dan pengeluh, karena mereka akan menarik Anda turun ke level mereka. Jika sesuatu dalam hidupmu tidak berjalan baik, simpanlah dalam hati Anda, tak seorang pun ingin mendengar Anda mengeluh. Buatlah orang meyakini bahwa Anda memiliki waktu yg menyenangkan bersama mereka


2. ORGANISASIKAN AKTIFITAS ANDA

Buatlah Buku janji temu sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan kata yg memuakkan: "SAYA KELUPAAN". Pada akhir setiap hari, renungkan apa yg telah dan belum Anda lakukan, agar Anda menjadi dikuatkan untuk menghadapi hari berikutnya. Jika Anda tahu kemana Anda akan menuju, kesanalah Anda akan berada. Jika Anda tidak tahu, maka Anda TERSESAT!

3. BEKERJA SAAT JAM KERJA

Jangan buang waktu makan siang terlalu lama, dan hanya makan bersama orang yang dapat menolong persoalan Anda. Jangan mundur dari jam kerja terlalu dini, jika iya maka anda adalah ORANG YANG KALAH.

4. JANGAN LAKUKAN HAL INI

Jangan merokok atau mengunyah tembakau, jangan makan permen, jangan pakai parfum berlebihan, jangan bercanda kotor, dilarang mengeluarkan napas alkohol. Pria jangan pakai anting saat bekerja. Buat 'silent' hp Anda - karena mengganggu. Pembunuh terbesar dari semua hal ini adalah: TIDAK TEPAT WAKTU.

5. BERPAKAIAN YANG TEPAT SESUAI TEMPAT

Orang macam apa yang sedang berhubungan bisnis dengan Anda? Apakah Anda menjual pada pekerja kerah biru? Jangan pakai baju seharga jutaan dan sepatu lux, perhiasan atau jam mewah (karena akan mengganggu). Pakailah perlengkapan itu pada waktu Anda sendiri, jangan pada saat Anda bekerja - busana dapat memadamkan niat beli orang.

6. MENJADI PENDENGAR YANG BAIK

Orang bisa komplain jika Anda tidak mendengar. Semakin lama Anda mendengarkan, semakin merasa 'terhutang' orang lain terhadap diri Anda. Semakin Anda mendengar, semakin besar kemungkinan Customer berbisnis dengan Anda. Mendengar, menunjukkan Anda peduli. "Mulut digunakan untuk makan -jaga mulut Anda tetap diam!" Diam itu Emas.

7. SENYUM

Sebuah senyum akan meningkatkan "nilai wajah" Anda. Jika orang lebih sering tersenyum, customer Anda akan merasa lebih baik dan lebih ingin berbisnis dengan Anda, plus itu baik untuk kesehatan Anda!


8. BALAS SEMUA EMAIL DAN TELEPON

Tidak membalas panggilan telpon atau email adalah cara untuk kehilangan customer dan teman. Balas panggilan dan email Anda segera secepatnya. Jika tidak, itu sama halnya dengan "menghanguskan jembatan."!

9. JUJUR

Kalau sekali Anda tertangkap berbohong, Anda akan selalu menjadi pembohong. Bahkan jika Anda menyampaikan kebenaran pada akhir hidup Anda, Anda tidak akan dipercayai atau dipercayakan lagi. Bahkan hingga Anda MATI.

10. JANGAN PASANG HARGA TERLALU TINGGI

Jika iya, dan customer Anda membandingkan penawaran Anda dengan orang lain, Anda telah kehilangan dia. Take a little and leave a little (ambil sedikit dan tinggalkan sedikit). Joe hanya bekerja dengan keuntungan kecil, namun dia memiliki VOLUME yang BESAR, setara dengan penjualan ritel 6 mobil SETIAP HARI! Dari kata orang: Anda tidak dapat mengalahkan HARGA JOE GIRARD.


11. BERDIRI DI DEPAN PRODUK BUKAN DI BELAKANGNYA

Hal Terpenting untuk dilakukan bagi customer adalah LAYANI MEREKA, dan mereka akan berbisnis dengan Anda sekali dan berkali-kali kemudian. Inilah kenapa JOE GIRARD jadi #1 di DUNIA.

12. KUNCILAH SETIAP PENJUALAN

Setelah Anda menutup penjualan, tanya pada Customer Anda, mengapa mereka membeli dari Anda -jika mereka mengatakan sebabnya, mereka sedang memupuk kepercayaan mereka di dalam Anda. Sejadinya, tidak ada lagi pembeli yang undur, yang berarti tidak akan ada pembatalan.


13. BERI DIRI ANDA REWARD

Perlakukan Diri Anda dengan baik untuk semua Kerja Cerdas yang telah Anda lakukan. ANDA BERHAK MENERIMANYA!


Demikian 13 tips penjualan versi Joe Girard, semoga dapat menginspirasi kita semua