TIPS SALES INDONESIA

TIPS SALES INDONESIA

Chairul Tanjung si anak singkong - Singkong yang terbuat dari Emas

SEJARAH CHAIRUL TANJUNG


Kurang lengkap rasanya apabila tipssales tidak mengulas dan membahas seorang tokoh pelaku bisnis yang penting di negeri ini sekelas Chairul Tanjung. Beliau menjadi inspirasi bagi para pelaku dunia bisnis dengan strategi pengembangan bisnis nya. Bahkan Chairul Tanjung tercatat sebagai salah satu orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Perjalananan karir dan bisnis nya tidak semudah membalikan telapak tangan. Bisnisnya dimulai dari ketika ia masih kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia dengan berjualan makalah dan jasa foto kopi untuk kalangan mahasiswa dikampus nya.

Sekilas mengenai Chairul Tanjung seperti dilansir dari laman wikipedia

Chairul Tandjung, lahir di Jakarta, 16 Juni 1962 adalah pengusaha asal Indonesia. Beliau pernah  menjabat sebagai Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa pada tanggal 19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014. Namanya dikenal luas sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp.

Chairul memulainya bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Kini perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources.

Chairul menyatakan bahwa dalam membangun bisnis, mengembangkan jaringan adalah penting. Selain itu memiliki rekanan yang baik sangat diperlukan. Membangun relasi pun bukan hanya kepada perusahaan yang sudah ternama, tetapi juga pada yang belum terkenal sekalipun. Bagi Chairul, pertemanan yang baik akan membantu proses berkembangnya bisnis yang dikerjakan. Ketika bisnis pada kondisi tidak bagus (baca: sepi pelanggan) maka jejaring bisa diandalkan. Bagi Chairul, bahkan berteman dengan petugas pengantar surat pun adalah penting

Dalam hal investasi, Chairul memiliki idealisme bahwa perusahaan lokalpun bisa menjadi perusahaan yang bisa bersinergi dengan perusahaan-perusahaan multinasional.. Ia tidak menutup diri untuk bekerja sama dengan perusahaan multinasional dari luar negeri. Baginya ini bukan upaya menjual negara. Akan tetapi ini merupakan upaya perusahaan nasional agar bisa berdiri sendiri dan jadi tuan rumah di negeri sendiri

Menurutnya modal memang penting dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Namun kemauan dan kerja keras, merupakan hal paling pokok yang harus dimiliki seseorang yang ingin sukses. Baginya mendapatkan mitra kerja yang handal adalah segalanya. Di mana membangun kepercayaan sama halnya dengan membangun integritas. Di sinilah pentingnya berjejaring dalam menjalankan bisnis.

Dalam bisnis, Chairul menyatakan bahwa generasi muda sudah seharusnya sabar, dan mau menapaki tangga usaha satu persatu. Menurutnya membangun sebuah bisnis tidak seperti membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan sebuah kesabaran, dan tak pernah menyerah. Jangan sampai banyak yang mengambil jalan seketika, karena dalam dunia usaha kesabaran adalah salah satu kunci utama dalam mencuri hati pasar. Membangun integritas adalah penting bagi Chairul. Adalah manusiawi ketika berusaha, seseorang ingin segera mendapatkan hasilnya. Namun tidak semua hasil bisa diterima secara langsung.

Sumber : Wikipedia