TIPS SALES INDONESIA

TIPS SALES INDONESIA

Strategi jitu media sosial untuk pemasaran bisnis penjualan anda

Strategi jitu media sosial untuk pemasaran bisnis penjualan


Strategi jitu media sosial untuk pemasaran bisnis penjualan anda. Penggunaan media sosial saat sekarang ini telah menjadi tren yang tak bisa lepas dari kultur kehidupan masyarakat sehari hari. Keberadaan dari smartphone yang mendominasi pengguna perangkat telepon seluler, menambah daya mobilitas pengguna internet untuk mengakses informasi apapun, kapanpun, dan dimanapun. Berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain melalui media sosial seakan akan telah menjadi bagian dari keseharian bagi kebanyakan orang. Ada yang sekedar memposting sebuah foto, ataupun mengunggah video dari aktitiftas yang dilakukan seperti yang dilakukan oleh para Vlogger ( Komunitas pembuat dan pengunggah konten di media sosial video ).

Tapi tahukah anda, peran dan potensi sebuah media sosial tidak hanya sebatas itu saja, media sosial bisa kita gunakan untuk pemasaran dari bisnis yang sedang kita jalankan. Entah itu anda sebagai pelaku bisnis industri rumahan, produsen, reseller, pemilik toko online, ataupun marketer yang bergerak dalam bidang sales penjualan.

Anda dapat memasarkan produk yang anda jual melalui akun media sosial milik anda, bisa jadi memakai akun pribadi anda, ataupun akun yang dibuat khusus untuk mengembangkan serta memasarkan produk anda. Semakin luas jaringan netwok anda di media sosial, maka semakin besar pula potensi profit dari penjualan produk anda. Anda dapat menjangkau pelanggan yang lokasinya puluhan bahkan ratusan kilometer dari tempat anda berjualan. Anda dapat pula memposting produk produk unggulan anda secara berkala dan tentunya nya up to date.

Jika anda berkeinginan mengembangkan strategi pemasaran bisnis penjualan melalui media sosial, maka jangan lewatkan 4 media sosial berikut yang menjadi referensi dari Tipssales untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial.




1. Facebook


Strategi pemasaran media sosial facebook


Situs jejaring sosial Facebook adalah salah situs media sosial terbesar dan terpopuler di dunia. Pada awal tahun 2016 lalu Mark Zuckerberg selaku pendiri Facebook mengumumkan secara resmi melalui akun resminya bahwa situs yang ia dirikan pada tahun 2004 itu, sampai pada saat ini telah memiliki 1,59 miliar pengguna.

Mengingat Facebook adalah situs kedua yang sering di akses pengguna internet setelah Google dan memiliki banyak pengguna aktif, maka hal ini bisa dimanfaatkan untuk kita mempromosikan konten dari bisnis kita. Kita bisa membuat profil Fans Page ( Halaman ) dari bisnis kita dan memposting beberapa foto produk, pamflet promo, serta testimonial dari beberapa pelanggan kita untuk membangun citra dan brand untuk usaha bisnis yang kita jalankan.

Untuk memaksimalkan konten, anda dapat mencari dan bergabung dengan komunitas dalam pencarian grup di facebook, yang cocok dan sesuai dengan jenis bidang bisnis yang dijalankan, dimana anda akan menemukan sejumlah pengguna tertarget yang bisa anda maksimalkan untuk menjadi prospek untuk kedepannya.

2. Instagram


Strategi pemasaran media sosial instagram


Media sosial Instagram bisa menjadi alternatif lainnya untuk mempromosikan bisnis kita. Situs media sosial yang berkonsep Photo Sharing ini telah berkembang semenjak peluncurannya. Menurut data terakhir, pengguna Instagram telah mencapai angka 400 juta orang dan diprediksi akan terus meningkat seiring dengan perkembangan perangkat seluler Smartphone yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto dan mengunggahnya secara Instan ke situs yang telah di akuisisi oleh Facebook ini.

Instagram telah terintegrasi dengan facebook sehingga memungkinkan akun nya dapat terkait dengan Halaman bisnis anda di facebook. Maka setiap postingan anda di Instagram akan otomatis di redirect untuk postingan anda di Halaman Facebook.

Instagram pun kini dilengkapi dengan fitur untuk mengunggah video yang memungkinkan anda untuk mengupload video konten promosi anda yang berdurasi maksimal 60 detik.


3. Twitter


Strategi penasaran media sosial twitter


Kurang lengkap rasanya apabila anda juga tidak memiliki akun di Twitter untuk kepentingan bisnis anda. Penggunaan Twitter untuk akun bisnis secara umum memang diperuntukan untuk membangun jembatan komunikasi dengan para pelanggan anda yang dalam hal ini telah menjadi followers anda dalam akun Twitter. Anda dapat berinteraksi dengan mereka melalui posting tweet yang bisa berisikan materi pengumuman, promosi,  baik dalam bentuk teks, gambar, ataupun video berdurasi pendek dan dapat memungkinkan para followers untuk mengajukan sejumlah pertanyaan, diskusi ataupun keluhan yang mereka alami terhadap produk anda.

Selain itu manfaat Twitter untuk kepentingan bisnis adalah di dalam menu profil, anda dapat menyematkan link tautan yang dapat mengarahkan para followers anda ke situs website atau blog bisnis yang anda miliki sehingga memungkinkan followers dan pengunjung website dapat lebih menjelajah dan mendalami seputar bisnis anda dan mengkonversi menjadi pembeli produk anda.

Baca juga : 5 manfaat menjual produk melalui website

4. Youtube


Strategi pemasaran media sosial youtube


Yang terakhir adalah situs pencari kedua terbesar di dunia Youtube. Promosi melalui situs Youtube dapat menjangkau pemirsa atau prospek anda yang memiliki karakter lebih menyenangi konten Audio dan Visual. Keleluasaan dalam mengunggah file video dapat dirasakan melalui situs ini. Tidak seperti hal nya ketiga media sosial diatas, Youtube memungkinkan anda mengupload sejumlah video dalam berbagai format ukuran dan waktu tayang yang lebih lama tanpa adanya pembatasan durasi.

Menurut statistik, negara Indonesia merupakan pengguna terbesar Youtube untuk wilayah Asia Pasifik. Rata rata pengguna mengakses Youtube melalui aplikasi seluler untuk Android. Begitu gemarnya masyarakat Indonesia menggunakan layanan Video Sharing Youtube dan menonton sejumlah video yang diminati serta menjadi sebuah pelanggan dari saluran saluran channel youtube. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk penetrasi market dari sebuah bisnis, anda dapat dengan mudahnya membuat sebuah Channel atau saluran khusus untuk bisnis anda, dan memposting sejumlah video mengenai review dari produk anda sendiri, menjelaskan sejumlah fitur dan keunggulan secara audio visual, ataupun membuat video testimonial dari para pelanggan anda yang telah membeli sehingga dapat membangun link building market dengan bertambahnya subscribber dari channel Youtube anda.

Demikianlah sejumlah media sosial yang dapat kita manfaatkan untuk pemasaran bisnis kita. Semoga bermanfaat