TIPS SALES INDONESIA

TIPS SALES INDONESIA

5 manfaat menjual produk lewat website

5 Manfaat menjual produk melalui website


Jika anda saat ini telah mencoba metode penjualan dengan memiliki sebuah website untuk mempromosikan produk, anda telah satu langkah lebih maju dari kompetitor anda yang masih menggunakan teknik konvensional.

Keberadaan sebuah website untuk brand sebuah perusahaan adalah salah satu syarat utama untuk membuat sebuah image positif di masyarakat, eksistensi dari perusahaan tersebut akan terlihat lebih profesional. Begitu pula bagi anda yang berprofesi sebagai tenaga pemasar ataupun wirausaha mandiri yang menjual produk anda secara online, memiliki sebuah website pribadi ataupun blog khusus untuk menjual produk anda adalah langkah yang efektif dan efisien di era teknologi internet saat sekarang ini.

Kesimpulannya adalah memiliki sebuah website untuk memasarkan produk dapat membantu sisi teknis pemasaran anda, baik itu untuk pelaku bisnis berskala besar, ataupun pelaku bisnis usaha kecil dan menengah, dikarenakan banyaknya manfaat yang dapat diperoleh bagi anda yang telah memiliki sebuah website.

Tipssales coba merangkum dari beberapa sumber, dan berikut ini adalah manfaat bagi anda yang menjual produk secara online melalui website

1. ONLINE 24 JAM 7 HARI SEMINGGU

Anda yang memiliki sebuah website, boleh dikatakan anda dapat membuka bisnis anda selama 24 jam penuh 7 hari seminggu, meskipun ini bukan berarti pelayanan jam operasional anda harus menyamai angka tersebut, setidaknya informasi layanan produk dan jasa yang terdapat dalam website anda, dapat di akses oleh pelanggan kapanpun dan dimanapun. Anda memiliki sebuah manifestasi yang biasa disebut Toko Online, atau toko yang dipasarkan secara online dan dapat diakses kapanpun pelanggan inginkan. Jelas ini berbeda dengan konsep Toko Offline dimana fisik dari sebuah tempat anda menjual produk jelas terlihat, dan jam operasional nya pun juga terbatas. Anda memiliki lebih banyak potensi untuk menjaring dan membuat pelanggan berminat akan produk anda, apalagi jika diimbangi oleh kualitas dari website itu sendiri yang bisa membuat pengguna internet berulang mengunjungi website anda. Tidak peduli skala bisnis anda apakah skala kecil atau skala besar, personal atau coorporate, manfaat yang dirasakan akan sama jika anda memiliki sebuah website untuk menjual dan mempromosikan produk anda.

2. EFEKTIF DAN EFISIEN

Mengapa dikatakan efektif dan efisien, bagi anda yang rutin menganggarkan biaya untuk promosi lewat jalur media cetak atau elektronik, jelas melalui website anda lebih menghemat anggaran biaya anda. Anda tidak perlu merogoh kocek bulanan hanya untuk sekedar memasang iklan baris atau kolom di sebuah surat kabar. Dikatakan efisien sudah jelas, apabila anda memiliki website, anda dapat kapanpun mengupdate konten promosi anda sepanjang waktu, tanpa kekhawatitan harus menambah biaya untuk pemasangan iklan atau promo yang lain nya. Dan konten anda akan dapat tayang selama kapanpun anda inginkan. Biaya yang anda keluarkan pun relatif terjangkau hanya dengan bermodal koneksi internet via PC atau smartphone, serta biaya sewa domain tahunan di kisaran 150 ribu/tahun.

3. TERKESAN LEBIH PRO

Terlebih lagi jika anda dapat mengoptimalkan keberadaan website anda, baik dari segi tampilan dan SEO, website anda berada di halaman pertama pencarian search engine dengan kueri kata kunci tertentu, ini dapat membuat kredibilitas anda sebagai penjual lebih dipercaya oleh pelanggan. Halaman pertama search engine menandakan website anda lebih banyak dikunjungi orang dibandingkan dengan website lain, otomatis pelanggan pun akan berpikir bahwa website anda memang dapat dipercaya dan kredibel. Anda terlihat lebih profesional dan terpecaya.
Tapi kesampingkan saja terlebih dahulu mengenai angan angan anda dapat berada di halaman pertama Google, dengan memiliki sebuah website dahulu dan mencantumkan nama website anda di kartu nama, itu membuat anda terlihat lebih profesional dan kekinian di mata pelanggan anda.

4. UP TO DATE

Anda dapat lebih cepat dan mudah memperbarui informasi seputar produk anda, terlebih lagi ketika ada promosi dalam bentuk potongan harga atau diskon, anda dengan mudahnya dapat menginformasikan harga promo yang sedang berlaku. Pelanggan lebih cenderung akan tertarik ketika produk yang sedang mereka cari memiliki harga promo atau potongan diskon, apalagi jika harga yang ditawarkan jauh lebih menarik ketimbang mereka membeli di toko offline pasaran atau website lain yang sejenis. Dan potensi untuk pelanggan berkunjung kembali pun kian besar, ini berpengaruh kepada traffik dari website anda, semakin sering dan banyak kunjungan yang di dapatkan, maka popularitas website anda pun semakin tinggi di mata mesin pencari dan pelanggan.

5. JANGKAUAN LEBIH LUAS

Mungkin faktor inilah kelebihan yang utama dari anda memiliki sebuah website, anda dapat menjangkau pasar yang cakupan nya lebih luas, tidak terpaku kepada area territory market anda, bayangkan jika anda hanya membuka toko offline yang hanya dapat menjangkau pelanggan anda dengan radius belasan kilometer saja dari lokasi toko anda, ini tidak berlaku bagi sebuah toko online. Toko online dapat menjangkau seluruh wilayah area yang sudah terhubung dengan jaringan internet, mencakup pasar domestik, bahkan internasional. Akan tetapi ini tergantung dari produk yang anda jual juga, jika memungkinkan pemasaran hingga keluar negeri, dan produk dapat diterima disana, kenapa tidak ? Terlebih lagi saat ini era nya MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ) yang mengharuskan pelaku bisnis di semua level mampu bersaing dengan kompetitor dari masyarakat wilayah Asia.

Demikianlah, beberapa manfaat memiliki website untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara meningkatkan penjualan dengan membuat sebuah website