TIPS SALES INDONESIA

TIPS SALES INDONESIA

Cara meningkatkan penjualan dengan membangun sebuah website produk atau jasa

Cara meningkatkan penjualan dengan membuat sebuah website produk atau jasa


Untuk meningkatkan angka penjualan sebuah produk atau jasa dari bisnis yang anda jalani, diperlukan trik dan teknik khusus untuk dapat mencapai penjualan sesuai target yang telah kita tentukan. Promosi yang bertarget dan sesuai sasaran adalah satu kunci keberhasilan sebuah produk dan jasa. Contoh bagi anda yang menjual sebuah jasa mandiri semisal Service Reparasi AC, promosi yang tepat adalah bagi anda adalah membuat brosur iklan jasa yang bisa anda sebar di areal perkantoran dan sekitar komplek perumahan elite yang notabene nya menggunakan alat Air Conditioner ( AC ) untuk menyejukan ruangan mereka. Inilah yang dimaksud promosi bertarget, anda diharuskan menganalisa terlebih dahulu, karakteristik dan demografis dari sasaran pelanggan yang ingin anda capai.

Lalu apa hubungannya promosi produk dengan membangun sebuah website ?

Data statistik pengguna internet di Indonesia, setiap tahun nya mengalami pertumbuhan yang signifkan, tercatat pengguna internet di Indonesia yang mencapai 82 juta pengguna, yang artinya mencapai 30 persen dari populasi penduduk Indonesia. 1 dari 3 orang Indonesia, mengenal dan menggunakan Internet, ini termasuk anda yang membaca blog TipsSales. Bukankah ini sebuah potensi yang dapat kita manfaatkan ?

Bahkan perkembangan bisnis e-commerce seperti belanja online melesat sedemikian pesatnya semenjak 5 tahun terakhir. Pelaku bisnis nya pun kian banyak, dan memiliki sejumlah investor yang bermodal kuat sehingga iklan iklan nya sering kali muncul di televisi.

Apakah kita masih akan menggunakan teknik yang konvensional ? Disaat masyarakat Indonesia begitu mudahnya terhubung dengan akses internet, dan kita bisa memanfaatkan teknologi sebagai sarana pembantu teknik kita dalam kegiatan prospekting.

Keberhasilan dari membuat sebuah website produk tidak hanya terletak dari segi tampilan websitenya saja, bukan berarti asal jadi sebuah website lantas anda mengharapkan hasil yang optimal, terlebih lagi apabila kompetitor anda menerapkan pola teknik yang sama. Teknik SEO ( Search Engine Optimation ) pun perlu di pikirkan. Kita semua sepakat peran search engine seperti Google mengambil peran penting dalam hal penelusuran sebuah website bagi pengguna internet. Dapat tampil di halaman pertama dari pencarian search engine merupakan hal yang diminati dari semua orang yang membuat website, begitu pun bagi kita yang membuat website dengan tujuan dari menjual produk dan jasa kita.

Kali ini tipssales memberikan cara meningkatkan penjualan dengan membangun sebuah website produk atau jasa.

1. Akrab dengan budaya internet

Bagaimana anda akan memasarkan produk lewat media internet apabila anda sendiri tidak mengenal apa itu internet. Akrab dengan budaya internet tidak hanya meliputi pemakaiannya saja, tetapi dengan mengaplikasikan teknik teknik yang dapat dipelajari secara otodidak lewat artikel artikel yang banyak tersedia di forum forum atau blog tutorial. Hal pertama yang mungkin bisa anda pelajari adalah cara membuat sebuah blog atau website. Anda dapat mendaftar secara gratis lewat layanan www.blogger.com, desain pengaturan nya pun sangat mudah dipahami bagi anda yang baru belajar. Anda dapat menentukan nama domain ( alamat blog ) anda, dan tata letak layout tampilan nya. Tentunya apabila anda mendaftar via Blogger, anda akan mendapatkan alamat domain blog seperti www.produksaya.blogspot.com. Apabila anda menganggap nama domain tersebut kurang pas dikarenakan ada embel embel blogspot, anda dapat meng upgrade nya dengan cara membeli TLD ( Top Level Domain ) seperti dot com, dot co id, lewat layanan web hosting yang bisa kita temukan di internet.

2.Merancang website

Hal ini tidak sesulit kedengarannya, kita memiliki dua pilihan untuk menciptakan situs:

Buat sendiri situsnya, atau menyewa seorang desainer untuk membuatnya.

Banyak perusahaan hosting yang menawarkan alat gratis untuk membuat sebuah situs. WordPress adalah perangkat gratis yang populer – baik untuk situs web atau blog.

Instalasinya sangat sederhana dan banyak perusahan hosting yang memiliki alat instalasi hanya untuk wordpress, kita tidak perlu belajar bertahun-tahun dan buku manual tebal untuk menggunakan software ini.

3.Pembayaran online

Fax formulir pemesanan , atau mengirimkan cek sudah lama berlalu. Penerimaan pembayaran online merupakan dasar dari bisnis online. Pastikan untuk memeriksa fitur yang diperlukan dan persyaratannya.

4.Menentukan metode pengiriman produk

Metode pengiriman bisa sangat sederhana dan komplek, tergantung pada jenis produk yang dijual. Untuk itu, tentukan metode pengiriman yang akan kita gunakan. Apakah akan dikirim sendiri atau melalui jasa kurir?

5.Membangun lalu lintas situs

Desain yang paling mutakhir dan produk baru yang menakjubkan tidak ada gunanya jika situs terkubur di bawah jutaan situs-situs lain. Pertimbangkan metode dasar untuk mempromosikan situs baru kita:

Daftarkan situs di tiga mesin pencari utama (Google, Bing, dan Yahoo)Daftarkan blog di direktori blog utamaPemasaran konten, video, dan audio podcastIklan online: Google dan iklan FacebookPemasaran offline (billboard, kendaraan perusahaan, iklan cetak, produk promosi)

6.Menerbitkan newsletter

Memiliki koleksi email klien dan calon klien  (dan informasi kontak lainnya) sangat penting untuk pertumbuhan setiap bisnis online. Tujuan dari sebuah daftar email adalah untuk mengubah calon klien menjadi klien dan klien menjadi duta untuk perusahaan/produk kita.

7.Lacak pertumbuhan website

Banyak perusahaan web hosting yang menawarkan alat untuk menganalisis lalu lintas. Google Analytics merupakan perangkat gratis untuk melacak:

Halaman populer
Sumber lalu lintas
Kata kunci populer
Lokasi klik

Laporan-laporan tersebut dapat disesuaikan dengan sejumlah variabel besar termasuk rentang tanggal, tampilan halaman, dan lamanya waktu di situs. Sementara, traffic pengunjung menyediakan sebuah pengukuran menarik.

Apakah kita menjual produk atau layanan, yang kita cari adalah transaksi. Keberhasilan diukur dari penjualan.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk meningkatkan penjualan dengan sebuah website ?

( diolah dari marketing.co.id)

Baca Juga : 5 Manfaat menjual produk melalui website