TIPS SALES INDONESIA

TIPS SALES INDONESIA

5 Ide cara yang patut dicoba untuk meningkatkan produktivitas kerja

tips cara meningkatan produktivitas kerja


Cara meningkatkan produktivitas kerja - Karyawan merupakan aset yang paling penting dari sebuah perusahaan, peran karyawan sebagai roda pemutar dari berjalannya sebuah bisnis dapat menentukan keberhasilan dari sebuah perusahaan. Apalagi jika karyawan yang bekerja memiliki etos kerja yang baik dan produktivitas yang baik pula. Mereka adalah aset berharga bagi sebuah perusahaan.

Untuk menjadi karyawan yang berprestasi, kita harus bisa produktif memberikan kontribusi yang lebih dan bernilai di mata perusahaan dan jajaran pimpinan kita. Seorang Sales yang berhasil adalah yang mampu berkontribusi secara nilai, baik dari segi sikap dan juga segi memenuhi harapan dan permintaan atasan kita terhadap tugas yang diberikan. Seorang sales pada umumnya bisa dikatakan produktif apabila ia selalu mencapai target yang telah diberikan oleh perusahaan. Akan tetapi mencapai target saja tidak cukup, Sales yang Super dan sudah dipastikan memang sangat produktif adalah mereka yang selalu dapat melampaui dari target yang diberikan oleh perusahaan, dan tentunya hal ini menjadi impian dari setiap wiraniaga atau salesman yang bergerak didalam bidang penjualan.

Berikut ini adalah sejumlah kiat untuk dapat meningkatkan produktivitas kita di tempat kerja atau perusahaan.

1. SADAR AKAN TUGAS DAN KEWAJIBAN

Tujuan awal dari kita bekerja pada sebuah perusahaan tentunya mengacu kepada materi. Kita bekerja karena ingin mendapatkan penghasilan rutin untuk membiayai keperluan hidup kita. Sudah sepatutnya kita yang sudah diberi kesempatan oleh perusahaan untuk dapat bekerja menyadari akan tugas dan kewajiban kita sebagai karyawan, yaitu dengan melaksanakan tugas sesuai jobdesk yang telah diberikan, sebaik dan semaksimal mungkin.

2. MANAGEMENT WAKTU UNTUK KEBAIKAN PRIBADI

Perlu disadari oleh kita bagaimana cara agar dapat membagi waktu antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Ketika kita bekerja, kita harus dapat memfokuskan diri dan serius pada pekerjaan yang kita lakukan. Rata rata jam kerja dari sebuah perusahaan berkisar antara 8 -sampai 10 jam kerja. Kita dapat memaksimalkan jam kerja kita dengan memfokuskan seluruh tenaga, usaha dan pikiran kita untuk menyelesaikan setiap deadline tugas atau target yang diberikan setiap harinya. Mengapa seperti itu ? Karena ketika anda sudah berada diluar jam kerja, anda seharusnya menikmati sisi lain dari kehidupan anda bersama orang terkasih, dan hal ini akan mempengaruhi produktivitas kerja anda di keesokan harinya karena hidup anda lebih teratur, efektif, sesuai porsi dan kapasitasnya.

3. HINDARI STRESS BERLEBIH

Stress merupakan musuh terbesar dari diri pribadi seseorang, dan merupakan hal yang kerap mendatangi kita yang bekerja sebagai karyawan pada sebuah perusahaan. Mengalami stress adalah hal yang lumrah, terlebih lagi jika kita memang sedang dikejar deadline atau target perusahaan yang musti dicapai. Akan tetapi apa yang lebih penting bagaimana kita mengelola stress tersebut, kita harus dapat menempatkan stress tersebut pada tempatnya. Anda bisa membuat jeda waktu dari sela sela pekerjaan anda, seperti berjalan jalan di sekitar kantor anda, berkomunikasi dengan menelepon istri, anak, atau keluarga anda dirumah, atau sekedar bermain media sosial sejenak, asalkan ini sesuai dengan asas kepatutan dan batasan jelas yang anda harus berkomitmen terhadap hal ini.

4. TANTANG DAN MOTIVASI DIRI ANDA SENDIRI

Cara yang lain adalah anda bisa mencoba menantang diri anda sendiri untuk dapat berkomitmen terhadap tuntutan tugas anda. Dorongan mental diperlukan tidak hanya dari sisi luar saja, terkadang diperlukan dorongan mental serta motivasi dari dalam diri pribadi sendiri. Ada ungkapan bahwa motivator terbaik di dunia adalah diri kita sendiri. Kita dapat menentukan alasan kita sendiri atau seberapa pentingnya kita harus mencapai tujuan, hal ini dapat membangkitkan semangat dan gairah kita untuk bekerja lebih baik agar produktif.


5. BERI REWARD UNTUK DIRI ANDA SENDIRI

Anda pantas mendapatkan apa yang telah anda usahakan dan perjuangkan. Anda harus dapat lebih menghargai diri dengan cara memberi reward untuk diri anda pribadi. Apabila anda telah mencapai target atau deadline yang ditetapkan. Beri apresiasi untuk diri anda dengan hal hal yang memang anda inginkan atau ingin anda lakukan. Contohnya seperti anda membeli sebuah gadget terbaru yang memang sudah anda incar dan inginkan selama ini, atau berlibur ke tempat yang memang anda direncanakan lama bersama keluarga anda. Hal ini dapat membantu kita untuk termotivasi lebih agar dapat menjadi lebih produktif di tempat kerja kita saat ini.

Semoga bermanfaat !